Tuesday, October 19, 2010

Telor Ikan, Menu Alternatif di Ngantang

Ngantang, Qita Online. Di Jumat pagi buta, kami satu kelompok dengan 10 anggota sedang mengadakan perjalanan untuk tujuan Jombang. Kebetulan rombongan ini berangkat dari Malang. Sebagian rombongan ada yang mahasiswa dan indekos. Jelas mereka di pagi buta belum melahap makanan sedikit pun. Tidak seperti biasa, di pagi hari mencari sarapan terkadang susah ketika sudah masuk liku-liku jalan pegunungan Batu hingga Kasembon.
Kami berharap dapat mengisi kekosongan perut dengan mampir di sebuah warung yang berdekatan dengan air terjun setelah Pujon. Warung Sederhana yang kami maksud. Tetapi karena masih pagi buta, kami kecewa. Warung itu belum buka. Pedal gas mobil kami terus memacu mencari referensi kanan kiri sepanjang jalur Pujon hingga Ngantang (bendungan Selorejo). Satu di antara anggota di mobil nyletuk menyebut ada warung khas di sekitar SPBU Ngantang dengan menu istimewa.
Sari Rasa 2. Warung yang berada di sekitar SPBU. Jika dari Malang, warung Sari Rasa 2 berada di posisi kiri jalan sebelum SPBU. Tata kelola warung ini dibuat panggung dan lesehan. Jika anda sembari menikmati pemandangan menjelang dan saat makan, saya sarankan untuk mengambil posisi lesehan di lantai bawah. Di situ mata kita dapat menikmati kabut (jika di pagi hari) yang eksotik menyelimuti pegunungan yang membentang di sekitar bendungan Selorejo. Sembari menunggu menu dihidangkan, anda dapat mengambil gambar menghadap pegunungan dan persawahan hijau di sisi sebelah barat warung. Bentangan pemandangan menambah hasrat makan kita terasa nikmat. Aktifitas ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami ambil kamera dan berebut pose untuk diambil gambar dengan latar pegunungan nan hijau dan altar sawah yang membentang menurun menuju bendungan.

Telor Ikan
Sejumlah menu tersaji dalam daftar menu makanan. Cukup bervariasi. Yang paling menarik adalah menu telor ikan. Kemungkinan anda tidak mendapati di daftar menu. Tidak ada salahnya anda bertanya. Jika tersedia, anda akan mendapat menu istimewa ini. Sejumlah telor ikan diceplok dan didadar dengan campuran telor ayam. Teknik ini diambil karena sifat telor dadar dari ikan tidak akan menyatu jika tidak dicampur dengan telor ayam. Untuk nasinya anda bisa memesan, nasi dengan sambel penyet tempe atau yang lainnya. Terserah sesuka selera. Amat gurih dan menarik gairah untuk segera melahapnya.
Anda juga dapat memesan wader goreng di warung ini. Wader goreng terasa lezat, gurih dan memecah hasrat makan anda. Kebetulan saya memesan menu wader goreng yang saya kombinasi dengan memesan sambel terong. Terasa lengkap rasa lidah saya. Menu-menu ini tersaji secara hangat. Pas dengan situasi Ngantang yang dingin. Ditambah jika hari-hari ini sering hujan, akan melengkapi taste lidah dengan suhu dingin.
Jika anda belum mendapat referensi warung yang tepat selama perjalanan antara Malang dan Jombang atau sebaliknya, anda sedikit bersabar 1 jam perjalanan baik dari Malang atau dari Jombang untuk mampir di warung Sari Rasa 2. Semoga memberi referensi.

No comments: